Monday 8 August 2016

Review Sinopsis dan Tokoh Film Wild : Alam Solusi Melupakan Segala Beban Kehidupan Yang Buruk



Wild 2014


Sutradara
Jean-Marc Vallee

Penulis

Pemain Film
Cheryl Strayed (Reese Witherspoon), Aimee (Gaby Hoffmann), Bobbi (Laura Dern), Tj (Charles Baker), Jonathan (Michiel Huisman), Greg (Kevin Rankin), Frank (W Earl Brown), Ranger (Brian Van Holt), Jimmy Carter (Mo Mcrae), Paul (Thomas Sadoski), Clint (J D Evermore), Richie (Nick Eversman), Stacey (Cathryn De Prume), Rick (Leigh Parker)

Tanggal Rilis
5 Desember 2014

Durasi
1 jam 55 menit

Genre
Biography, Drama

Film Wild menceritakan pada kita bahwa hidup tak selamanya manis seperti gula, terkadang ombak yang besar nan tinggi datang sewaktu – waktu melibas apa yang ada dihadapannya. saat ombak sudah menghantamnya, semuanya akan hilang terbawa olehnya. Apa yang diajarkan dalam film Wild menunjukkan sosok wanita tangguh, Cheryl Strayed yang memutuskan melupakan kenangan masa lalunya yang pahit dan menyakitkan itu dengan sebuah perjalanan sejauh 1000 mil. Bayangkan saja deraan ombak yang keras menghantam dirinya ketika ibu tersayangnya meninggal dunia akibat kanker, lalu ditambak datang ombak lain berupa perceraiannya dengan Paul yang menenggelamkannya ke tempat terendah yaitu narkoba. Dalam hidup penulis, belum pernah menemui permasalahan seperti yang dialami oleh karakter Cheryl. Tetapi diluar masalah itu ada juga hal lain yang menjadi kenangan pahit buat penulis sendiri, dan masih belum bisa melupakannya dengan berbagai cara.


Kisah ini dimulai dari Cheryl Strayed yang akan melakukan suatu perjalanan panjang sejauh seribu mil untuk melupakan kenangan masa lalunya yang suram. Dia akan melakukan tracking di Pacific Crest, salah satu jalur tracking yang panjang, penuh rintangan, apalagi untuk seorang wanita yang sedang dalam pikiran terpecah belah. Kenangan masa lalunya sering sekali terlintas saat dirinya berada di sebuah hotel untuk istirahat karena keesokan harinya perjalanan akan dimulai.


Selama perjalanan kenangan mengenai ibunya, Bobbi selalu muncul sembari Cheryl berjalan, makan, melihat pemandangan sampai tidur. Satu quote yang penulis tak pernah lupakan di film Wild ini adalah ‘Jika Ketakutanmu Menghalangimu Lampauilah Ketakutanmu’. Quote tersebut sekaligus permulaan kakinya menapak di jalur Pacific Crest yang akan membawanya sejauh 1000 mil. 


Seorang diri di tengah bukit dan hutan tak membuat Reese Witherspoon mundur ketakutan, malah berlaku sebaliknya harapannya untuk melupakan pahitnya roda hidup masa lalu membuatnya ingin melawannya, karena dia percaya melalui track panjang yang lama dan menyakitkan ini mampu menghilangkan kenangan lama nan menyakitkan juga. Pacific Crest memberikan banyak kejadian tak terduga padanya, seperti kompor tidak berfungsi yang menyebabkan dia harus makan bubur dingin selama beberapa hari, kehabisan stok makanan yang mana toko sangat jauh, bertemu ular berbisa di tengah jalur dan masih banyak lagi. Kegigihannya berjalan sejauh 11 – 12 mil per hari mampu mencerahkan langkahnya sampai di Kennedy Meadows pada hari ke 14. Disitu lah dia menerima paket, stok makanan, kenalan baru yang ramah dan friendly.
Perjalanan kembali dilanjut setelah istirahat beberapa hari disana. Kerikil hingga bongkahan batu yang besar terus menghampiri Cheryl, tak membuatnya tergoda untuk terkena pengaruh yang tak lebih kuat dibanding dirinya. Di hari ke 62 langkah kakinya telah membawanya sampai di Oregon perbatasan Washington dan Kanada.
Perjalanan akhirnya yang berlatar hutan yang hijau asri berselimutkan kesejukan alam terlihat jelas. Cheryl berjalan menelusuri jalan setapak dan bertemu dengan seekor binatang yang penulis sendiri tak tahu namanya. Binatang itu milik Vera (seorang nenek) dan Kyle (anak kecil) yang juga sedang menikmati keindahan alam hutan yang indah. Dan Cheryl pun bertemu dengan mereka berdua, disini sutradara Jean-Marc Vallee cukup bagus dalam memberikan skenario pada anak yang bernama Kyle. Pertanyaannya seakan – akan menggetarkan hati Reese Witherspoon yang sempat terdiam sejenak saat hendak menjawab pertanyaan si anak kecil yang lucu itu. Quote bagus diucapkan lagi oleh Cheryl bahwa ‘Masalah Tidak Akan Selalu Jadi Masalah, Mereka Akan Berubah Menjadi Sesuatu Yang Lain’ lalu diakhir pertemuannya Kyle menyanyikan lagu Red River Valley yang liriknya penuh makna dengan nada yang membuat seluruh tubuh bergetar ketika mendengarnya.
Sutradara hebat film Wild memunculkan sentuhan akhirnya dengan banyak pertanyaan apa dan mengapa tentang kehidupan ini, kata motivasi yang menggugah semangat hidup untuk tetap hidup melanjutkan kehidupan yang entah kapan akan berakhirnya.
Pada akhirnya, penulis menyarankan anda untuk menonton film Wild yang meskipun sudah lewat 2 tahun lalu dan terdapat beberapa shoot yang kurang layak ditonton, namun film ini masih dekat dengan kehidupan sehari – hari. Pesan moral dan inspirasi bagi siapa saja yang menontonnya akan begitu menyentuh dan membekas cukup mendalam.
Score yang penulis berikan untuk film Wild adalah 8.5/10.

No comments:

Post a Comment