Friday 5 August 2016

Review Sinopsis dan Tokoh Film Black Hat : Pelajaran Berarti Seorang Hacker Handal



Black Hat 2015


Sutradara
Michael Mann

Penulis
Morgan David Foehl

Pemain Film
Nicholas Hathaway (Chris Hemsworth),Tang Wei, Barret (Viola Davis), Chen Dawai (Wang Leehom), Henry Pollack (John Ortiz), Lozano (Manny Montana), Rich Donahue (William Mapother), Kassar (Ritchie Coster), Holt McCallany, Yorick van Wageningen

Tanggal Rilis
16 januari 2015

Durasi
2 jam 13 menit

Genre
Action, Thriller

Film Black Hat memberikan arti kehidupan yang sebenarnya dengan mencoba untuk tetap menikmati waktu yang ada walau tidak dalam keadaan semestinya, karena yang terpenting adalah tetap menciptakan keselarasan antara tubuh dan pikiran. Film Black Hat turut mengajarkan jiwa komitmen dan tanggung jawab atas semua pilihan yang diambil serta orang lain yang telah berani berjuang berkorban demi kita. Bagi penulis, film ini dapat memotivasi diri penulis untuk menjadi orang yang lebih bertanggung jawab akan sebuah masalah, bukan malah lari dari masalah yang tak ada ujungnya. Sesungguhnya komitmen dan tanggung jawab akan memberikan nilai kredibilitas tinggi, yang akan berpengaruh pada nilai jual kita jauh diatas siapapun.
Dalam scene, sutradara Michael Mann ingin memancing para penonton berpikir mengenai konflik yang sebenarnya terjadi melalui dua kasus awal yang menghebohkan dunia yaitu meledaknya PLTN Chai Wan, Tiongkok dan melonjaknya nilai kedelai di bursa saham yang disinyalir akibat satu hacker. Pasca insiden, sang sutradara mulai mengenalkan satu per satu tokoh dan karakter yang ditonjolkannya. Chris Hemsworth, adalah salah satu pemeran yang sangat memukau, kharisma dan pemikirannya yang cerdas membuat orang lain harus ikut masuk kedalam alam pikirannya seperti scene yang ditunjukkan saat negosiasi yang berlangsung di penjara. Dirinya berhasil keluar dari penjara dengan kemenangan penawaran yang diberikannya, lalu bertemu dengan sahabat lamanya Chen Dawai. 


Sepanjang berlangsungnya film, penonjolan sifat tokoh utama Hathaway jelas sekali terlihat. Kehebatannya dalam penyelesaian masalah hacking mampu menunjukkan sisi jeniusnya, gaya bicara yang meyakinkan serta penuh rasa tanggung jawab membuat Chen, Barret dan pemain lain sangat percaya untuk mengandalkannya dalam berbagai penyelesaian masalah yang sedang dihadapi. Ditengah – tengah kasus yang dihadapi, sebuah ikatan cinta pun terjalin antara Hathaway dan adik Chen yang diperankan oleh Tang Wei, berbagi cerita, cinta dan kasih di ranjang memilukan di keheningan malam sebelum keberangkatan esok hari ke Tiongkok.


Keberanian Hemsworth muncul saat mendengar ‘black widow’, software peretas milik NSA yang pernah menyeretnya ke jeruji besi. Black widow sangat rahasia dan tidak sembarang orang boleh meminjamnya. Oleh karenanya, Hathaway memberanikan diri untuk masuk kedalam sistem black widow, dan berhasil. Hingga akhirnya dia mendapati nama ‘Jakarta’ yang menjadi pusat server dan disinyalir lokasi black hat.
Namun kenyataan malah berlawanan, esok harinya Hathaway ketahuan membobol black widow, akibatnya dia menjadi target incaran NSA. Hal ini tak lantas membuat rekannya menelantarkannya begitu saja. Malah sebaliknya, adegan aksi heroik Barret dan Holt McCallany saat berusaha melindungi Hathaway dan adik Chen dari incaran kelompok Kassar sampai berujung menempelnya peluru di tubuh Barret dan Holt sangat mengesankan.
 

Sejak saat itu mereka berdua ingin cepat menyelesaikan kasus ini dengan terbang ke Malaysia untuk melihat lokasi tambang timah yang lumayan besar. Disitu mulai terungkap alasan dibalik peledakan reaktor PLTN Chai Wan yang terlintas melalui pemikiran analitis Hemsworth. Selepas dari situ lah, Indonesia menjadi latar tempat yang digunakan oleh sutradara untuk mengakhiri adegan – adegan terakhir karena penuh keunikan dan kekayaan budaya. Segala upaya pencarian data, peretasan hingga menyelinap ke tempat – tempat untuk mencari informasi tentang sosok dibalik black hat. Tiba di malam yang dinanti – nanti, Hathaway berjalan bagaikan hantu di keramaian mendekati si hacker Yorick dan Kassar. Upaya pembalasan dendam atas kematian sahabatnya ‘Chen’ berhasil dilakukan dengan memakai obeng dan pisau. Suasana malam Jakarta yang tenang diiringi alunan kebudayaan Bali berubah menjadi suara sayatan pisau dan teriakan peluru – peluru yang menancap ke tubuh. Akhir yang menegangkan namun sukses Hathaway membalaskan semua dendam emosional yang dirasakan oleh adik Chen atas kematian kakaknya serta kembali ke negara asalnya.
Sejujurnya film ini direkomendasikan untuk semua umur mengingat pesan yang disampaikan tentang tanggung jawab begitu kental disajikan oleh Michael Mann dalam setiap adegannya. Meskipun terdapat sedikit adegan syur namun masih dalam porsi wajar untuk ditonton. Dijamin tidak akan menyesal menonton film Black Hat.
Score yang penulis berikan untuk film black hat adalah 8.2/10

No comments:

Post a Comment